Iklan Pay per click seperti Adsense, YPN dan Chitika memerlukan penempatan dan desain yg optimal utk memperoleh performance iklan yg bagus - tetapi ada aspek penting lain, yaitu relevansi iklan. Prinsipnya sederhana - pembaca datang ke blog anda utk mencari content / isi sesuai topik yg diinginkan - jika mereka melihat iklan yg berhubungan dengan topik, mereka akan melihat dan meresponnya.
Iklan yg tidak relevan akan menurunkan potensi kesuksesan, jadi seperti halnya publisher bekerja utk menentukan desain dan penempatan iklan, mereka juga seharusnya memastikan bahwa iklan yg mereka pasang akan relevan dan berada sedekat dengan content.
Setiap sistem iklan memiliki metode berbeda dalam memperoleh iklan yg relevan. Sistem seperti Chitika, memerlukan beberapa pekerjaan dan anda harus memilih keyword secara hati-hati.Sedangkan Adsense dan YPN lebih menjurus kepada apa yg anda tulis daripada yg lainnya, karena mereka bersifat kontekstual. Berikut ini adalah 12 tips utk memperoleh iklan yg relevan, terutama pada sistem Adsense, tapi juga bekerja baik pada YPN :
- Section Targeting - Adsense memiliki fitur yg dinamakan Section Targeting yg dapat membantu para blogger. Ide nya sederhana - anda meletakkan tag di sekitar content yg ingin anda hubungkan dengan iklan dan juga tag2 di sekitar content yg harus diabaikan oleh Adsense. Anda dapat belajar lebih banyak tentang hal ini secara langsung dari Google disini.
- Keyword dalam Content - Perlu dipertimbangkan kata2 apa yg akan anda munculkan lebih banyak daripada yg lainnya, karena ini akan memicu relevansi iklan anda. Utk membantu supaya iklan Adsense keluar, anda harus menemukan cara utk menggunakan/ menulis target keyword di postingan anda sekali atau 2 kali.
- Keyword dalam judul - Keyword dalam judul kelihatannya memiliki pengaruh yg besar terhadap iklan yg akan muncul. Terutama jika judul postingan anda adalah judul halaman. Tentu saja keuntungan ekstra dari hal ini adalah akan membantu SEO site anda. Menggunakan keyword dalam kelihatannya juga berpengaruh terhadap relevansi iklan.
- Metatags - Sy tidak pernah melihat Adsense mengatakan tentang metatags tetapiada beberapa publisher Adsense yg percaya bahwa Adsense akan melihat mereka utk menentukan apa isi halaman sebuah site. Sebaiknya pastikan keyword blog anda semuanya berada dalam metatags.
- Periksa sidebar, header, footer dan menu - Jika anda tidak menggunakan Section Targeting (dan mem-bok sidebar agar tidak terbaca oleh Adsense dan digunakan sebagai dasar iklan anda), anda perlu memikirkan kata2 yang akan anda pasang di sidebar dan menu. Salah satu problem umum yg dihadapi oleh para blogger adalah mereka mendapat iklan yg berhubungan dengan "blogging" meskipun mereka menulis topik yg berbeda. Alasan umum dari hal ini adalah adanya kata2 "blog" atau "blogging" pada beberapa tempat di sidebar. Kecuali blog anda adalah tentang blogging, anda sebaiknya menghindari pemakaian kata2 "blog" atau"blogging" sebisa mungkin. Kata2 yg diulangi beberapa kali di bagian sidebar mungkin akan mempengaruhi keyword density blog anda.
- Tetap posting menggunakan satu topik saja - Semakin fokus postingan anda, semakin banyak petunjuk yg anda berikan pada Adsense tentang apa yg anda tulis. Postingan yg meng-cover beberapa topik, menyebabkan iklan menjadi tidak fokus. Ini menjelaskan mengapa terkadang sulit mendapatkan iklan yg relevan pada halaman utama. Anda harus memperbaiki keyword density pada halaman utama anda, jika menemuai kasus seperti ini.
- Jaga agar blog/ url anda terfokus pada 1 topik - Beberapa publisher Adsense percaya bahwa Adsense tidak hanya melihat halaman yg berisi iklan saja, tetapi keseluruhan suatu site. Sy yakin bahwa anda tidak akan mendapat iklan yg relevan jika anda menulis beberapa topik dalam satu url - begitu pula sebaliknya - akan sangat membantu jika seluruh url membahas tentang satu topik ( hal ini tidaklah mendasar - tetapi termasuk faktor yg patut dipertimbangkan dalam strategi blogging anda).
- Periksa apakah iklan Adsense anda ada/ tidak - Hal ini jarang terjadi pada Adsense, karena inventori mereka sangat besar dan luas (kecuali jika anda menggunakan bahasa Indonesia - karena masih sedikit orang Indo yg beriklan menggunakan Adsense dibandingkan orang2 luar). Sulit utk menge-cek hal ini, tapi salah satu caranya adalah buka Google.com dan cari keyword yg anda pakai, jika ada iklan pada halaman hasil pencarian, itu berarti anda memiliki kesempatan. Jika tidak - anda harus memperluas topik blog anda.
- Periksa Iklan apa yg terlihat oleh pembaca anda - Iklan yg anda lihat di blog anda mungkin saja akan berbeda dengan yg terlihat oleh pembaca anda.Hal ini terutama dikarenakan iklan2 menggunakan target lokasi bagi pembaca anda. Akibatnya tempat anda mungkin hanya memiliki sedikit iklan yg relevan dibandingkan dengan daerah lain dan sebaiknya tanyakan pada orang lain yg berada di luar daerah anda utk memberitahu anda, iklan apa yg terlihat pada blog anda.
- Blok Iklan yg tidak relevan - Tips ini adalah salah satu jalan terakhir dan mungkin tidak banyak berpengaruh secara keseluruhan. Adsense mengijinkan publisher utk memblok sebuah iklan melalui Competitive Ad Filter. Jika anda melihat iklan yg tidak relevan dengan topik blog, segera lakukan block. Tentu saja harap diingat bahwa iklan yg muncul adalah spesifik terhadap lokasi anda dan mungkin pembaca anda akan melihat iklan yg berbeda - jadi melakukan block terhadap suatu iklan, merupakan suatu pekerjaan yg kurang efektif.
- Relevansi Iklan memerlukan waktu - Jika blog anda masih baru dan mendapat iklan yg tidak relevan, maka itu mungkin blog anda masih kurang "berumur". Beberapa blog mendapat iklan yg bagus setelah seminggu atau 2 minggu. Jadi berilah sedikit waktu bagi iklan anda melakukan tugasnya.
- Jika ada keraguan - tanyakan pada Adsense - Terkadang kita tidak dapat menemukan penyebab mengapa tidak muncul iklan yg relevan dengan topik blog kita. Dalam kasus ini, kirim email kepada Adsense melalui mekanisme feedback mereka dan tanyakan dengan sopan utk melihat halaman/ blog anda. Seringkali respon mereka dapat membantu kita. Anda mungkin akan menerima respon otomatis pada awalnya, tapi jika anda ulet dan terus menerus me-reply, maka anda akan mendapat respon dari "orang yg sesungguhnya".
source : indo-problogge